Blogger Widgets

Sabtu, 07 Januari 2012

Mengatasi konflik menurut karen horney


MENGATASI KONFLIK
Gaya Hubungan Interpersonal
                Ada 3 macam gaya hubungan interpersonal, yakni ; Kecendrungan mendekat ( Moving toward others atau self effacement ), kecendrungan menentang ( moving again other atau seeking dominition ), dan kecendrungan menjauh ( moving away from others atau avoid relation ). Penyebab utama tibulnya perilaku neuritik menurut Hourney adalah hubungan interpersonal yang salah, dan hanya dapat melakukan dengan memperbaikinya. Perbedaan gaya hubungan interpersonal yang normal dengan yang neuritik, ada pada bagaimana terjadainya tingkah laku. Pada orang normal tingkata / pilihan gayanya brubah-ubah secara spontan, sedangkan pada pengidap cendrung tetap, secara komplusif.
                10 kebutuhan neuritik yang tidak lain adalah cara orang bertingkah laku bertahan dari kecemasan dasar dan permusuhan dasar, dan dapat dikelompokan ke dalam tiga gaya hubungan interpersonal dengan menimbang latar belakang perasaan dari kebutuhan-kebutuhan itu .
Bergerak Mendekat Orang Lain
                Orang mendekati orang lain sebagai usaha untuk melawan perasaan tak berdaya. Orang yang merasa kalah dan selalu kalah , menjadi sangat membutuhkan kasih saying penerimaan, dan membutuhkan partner yang kuat yang dapat mengambil tanggung jawab terhadap kehidupannya. Horney menamakannya ketegantungan yang tidak normal ( morbid dependency ) sebagai lawan dari saling tergantung ( codependency )
                Kecendrungan orang neurotik dalam mendekati orang lain, melibatkan strategi yang kompleks yang mencakup keseluruhan fikiran, perasaan, tingkah laku dan gaya hidupnya. Itu adalah filsafat hidup, orang neoritik yang memakai filsafat sellau beranggapan bahwa dirinya dicintai, baik hati, tidak mementingkan dirinya sendiri. Mereka bersedia menempatkan diri di bawah orang lain, orang yang lebih cerdas dan lebih menarik.
Bergerak Melawan Orang Lain
                Orang yang agresif memandang orang lain sebagai musuh, dan memakai strategis untuk meredam kecemasannya. Mereka dimotivasi untuk mengeksploitasi orang lain, dan memanfaatkan orang lain untuk keuntungan pribadinya. Lima dari 10 kebutuhan neurotik termasuk klasifikasi kecendrungan menyerang,yakni kebutuhan menjadi kuat, mengekspoitasi orang lain, memperoleh prestisie dan berprestasi, dan orang – orang ini yang mungkin tampil sebagai pekerja kerasdan bersemangat tetapi tidak merasa senang dengan pekerjaannya.
                Dari sisis perlakuannya terhadap orang lain komplian berlawanan dengan agresi. Komplian mengharapkan ksih saying sedangkan agresif memandang orang lain sebagai musuh. Namun dari segi memperoleh kepuasaan mereka sama.

Bergerak Menjauh dari Orang Lain
                Untuk mengatasi konflik dasar isolasi orang cendrung memisahkan diri , memakai meurotik menajuh dari orang lain. Startegi ini adalah ekspresi kebutuhan keleluasaan pribadi ( privasi) , kemandirian , dan kecukupan diri sendiri ( self-sufficiency ), kebutuhan seperti itu dapat menimbulkan tingkah laku positif, tetapi juga negative.
                Penderita neurotic mengalami kedekatan dengan ornag lain sebagai pengalaman yang menyakitkan, akibatnya mereka menjadi komplusif menjauhi orang lain. Mereka menjunjung nilai tinggikebebasan dan kecukupan diri, sering tampak menyendiri dan sukar didekati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar