Blogger Widgets

Sabtu, 16 Maret 2013

Psikoterapi - Psikoanalisa

Psikoterapi yang berorientasi pada psikoanalisa yang merupakan teori klasik, jangka panjang, dan berorientasi tilikan yang diprakarsai oleh Sigmund Freud.

  • Apa Tujuan Psikoterapi Psikoanalisa ?
Untuk mengubah kepribadian mayor, tujuan dari psikoterapi yang berorientasi psikoanalitik serupa dengan psikoterapi suportif, yaitu menghilangkan gejala.

  • Bagaimana Cara Terapi dalam Psikoanalisis ?
Biasanya dengan cara mengidentifikasi dan memodifikasi ( menyelesaikan ) konflik konflik nirsadar dengan cara asosiasi bebas ( pasien diminta untuk mengemukakan secara bebas hal-hal apa saja yang terlintas dalam pikirannya saati itu, yang digunakan sebagai bahan untuk menggali dan mengungkap ingatan-ingatan atau pengalaman-pengalaman yang sifatnya traumatic dari alam tak sadar pasien ), menganalisis transferensi dan resistensi, serta interpretasi mimpi (caranya adalah dengan tindakan-tindakan terapis untuk menyatakan, menerangkan dan mengajarkan klien makna-makna dan tingkah laku apa yang dimanifestikan dalam mimpi ), biasanya terapi ini memakan waktu ratusan jam. dalam terapi ini peran terapis sangatlah penting, terapi harus bisa membangun hubungan interpersonal dengan klien, agar dapat memberikan kenyamanan terhadap klien sehingga klien nyaman mengutarakan semua permasalahannya.
  • Masalah yang biasa ditangani dama psikoterapi psikoanalisa ?
Pasien pasien yang dianjurkan untuk menggunakan terapi ini adalah pasien dengan gangguan neurotik yaitu gangguan dimana gejalanya membuat distress yang tidak dapat diterima oleh penderitanya. dan gangguan kepribadian
  • Apa Kekurangannya ?
Kekurangan dalam terapi ini ialah yang berlangsung jangka panjang, mahal, keefektifannya tidak pasti, dan oleh karena itu jarang digunakan.
  • Apa Kelebihannya ?
Terapi ini memiliki dasar teori yang kuat, pada terapi ini dapat membantu klien mengetahu permasalahan pada diri klien karena prosesnya dimulai dari penceritaan pengalaman-pengalaman masa lalu pada diri klien.

Sumber :
Tomb, David A. 2004. Buku saku psikiatri edisi 6. penerbit buku kedokteran EGC: Jakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar