Blogger Widgets

Sabtu, 23 Maret 2013

Psikoterapi menurut pandangan Humanistik Eksistensial


  • Pengertian psikoterapi menurut pandangan Humanistik Eksistensial
Pendekatan Humanistic Therapy menganggap bahwa setiap manusia itu unik dan setiap manusia sebenarnya mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Setiap manusia dengan keunikannya bebas menentukan pilihan hidupnya sendiri. Oleh karena itu, dalam terapi humanistik, seorang psikoterapis berperan sebagai fasilitator perubahan saja, bukan mengarahkan perubahan. Psikoterapis tidak mencoba untuk mempengaruhi klien, melainkan memberi kesempatan klien untuk memunculkan kesadaran dan berubah atas dasar kesadarannya sendiri.

  • Tujuan dari Psikoterapi menurut pandangan Humanistik 
Tujuan terapi dalam pendekatan humanistik adalah untuk memaksimalkan potensi diri klien untuk berkembang dan memperoleh kebahagiaan.

  • Tiga ciri utama psikoterapi humanistik
- psikologi humanistik menawarkan satu nilai yang baru sebagai pendekatan untuk memahami sifat dan keadaan manusia.
- psikologi humanistik menawarkan pengetahuan yang luas akan kaedah penyelidikan dalam bidang tingkah laku manusia.
- psikologi humanistik menawarkan metode yang lebih luasakan kaedah-kaeah yang lebih efektif dalam dalam pelaksanaan psikoterapi.
  • Metode psikoterapi yang termasuk dalam pendekatan humanistik dianatarnya :
Gestalt Therapy
tidak disajikan secara sistematis seperti terapi-terapi lain, melainkan hanya sejumlah latihan untuk membantu pertumbuhan (tidak tergantung pada orang lain, melainkan diri sendiri) dan integritas individu. untuk mencapaitujuan ini, terapis menggunakan banyak tekhnik, diantaranya : terapis menekankan masa sekarang ( terapis tidak memusatkan pada tingkah laku, tetapi pada "apa" dan "bagaimana" masa sekarang dari orang tersebut. mengadakan  intervensi yang ampuh ( respon-respon terapis dapat menjadi intervensi-intervensi yang ampuh), memperhatikan ungkapan ungkapan verbal.

Client Cantered Psychotherapy
bentuk terapi ini sangat populer di Amerika dan digunakan dalam uasaha memperbaiki kepribadian manusia dalam berbagai situasi. menciptakan suatu lingkungan interpersonal yang bisa membantu pasien untuk tumbuh dan berkembang.

  • Masalah-Masalah yang biasa dihadapi dalam psikoterapi humanistik
biasanya masalah-masalah yang ditangani dalam psikoterapi ini adalah mnasalah yang berkaitan dengan kepribadian, perilaku. inti dari permasalahannya adalah terletak pada inti dari dalam pribadi sesorang.
  • Kelebihan dan Kekurangan Psikoterapi Humanistik
Kelebihan :
dalam terapi ini menekankan pada inti dalam pribadi seseorang, disini dapat membuat klien lebih merefleksikan hidup, belajar untuk tanggung jawab, serta dengan tekhnik terapi yang menjadikan sebagai fasilitator dapat mebuat klien menentukan pilihan mereka sendiri.

Kekurangan:
- Teori humanistik tidak bisa diuji dengan mudah.
- dalam terapi ini orang yang telah berhasil mengaktualisasikan dirinya, ini masih buram dan subjektif.
- Psikologi humanistik mengalami pembiasan terhadap nilai individualistis

Referensi :

Semiun, Y. (2006). Kesehatan mental 2. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Semiun, Y. (2006). Kesehatan mental 3. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
http://www.psikoterapis.com/?en_metode-psikoterapi-yang-dipakai%2C16




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar