Blogger Widgets

Senin, 07 Oktober 2013

Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia

A. Arsitektur Komputer    

   Komputer terus mengalami perubahan dari awal pertama ditemukan hingga saat modern seperti sekarang. walau terus mengalami perubahan, komputer selalu memiliki dasar arsitektur yang sama. Arsitektur komputer sendiri merupakan konsep perencanaan dasar dari suatu sistem komputer.
  Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cacheRAM,ROMcakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von NeumannCISCRISCblue Gene, dll.

Gambar: 1

Pada prinspipnya sebuah sistem komputer, terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:
1. Central Processing unit (CPU) : mengendalikan semua sistem unit komputer yang lain dan mengubah input menjadi output.
2. Memori : terdiri dari memori program dan memori data
3. Perangkat input/output

B. Struktur Kognisi Manusia

       Struktur merupakan cara sesuatu disusun atau dibangun, yang disusun dengan pola tertentu, sedangkan kognitif Menurut Livingstone adalah kemampuan berpikir dimana yang menjadi objek berpikirnya terjadi pada diri sendiri. segala sesuatu tentang pengetahuan. kesadaran, kontrol yang dihasilkan dari proses berpikir yang terjadi pada diri sendiri.

Gambar 2

 Proses berpikir manusia sama seperti proses kerja komputer yang terdiri dari:

Tahap 1: memasukkan informasi (input) ditangkap lewat panca indra.
tahap 2: pemrosesan informasi (storage) melalui otak
tahap 3: pengeluaran informasi yang telah diolah (output) 

Kesimpulan

   Pada dasarnya proses struktur Kognitif dengan struktur kognitif yang dimiliki adalah sama. dalam prosesnya, komputer dan struktur kognisi manusi sama sama mengolah informasi yang masuk (input) yang diproses dan dikeluarkan dalam bentuk output. 
   Perbedaanya adalah komputer tidak dapat berjalan sendiri yang harus dioperasikan oleh perantara manusia untuk menggerakkannya. karena komputer itu sendiri diciptakan oleh struktur kognisi manusia, sehingga peran utama dalam kerja komputer adalah manusia. tetapi pada struktur organisasi manusia, otak dapat berpikir sendiri tanpa ada yang menggerakkan sehingga terdapat kontrol terhadap proses berpikirnya sendiri. 

Daftar Pustaka :

Eliza. (2010). Menjadi dokter PC dan Laptop Anda Sendiri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Anonim. (2013). Arsitektur Komputerhttp://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer. diakses tanggal 7 oktober 2013.

Aregnoz. (2012). Materi Kuliah Arsitektur Komputerhttp://aregnoz.blogspot.com/2012/01/materi-kuliah-arsitek-komputer.html. diakses pada tanggal 7 oktober 2013

Anonim. (2012). Struktur Kognisi Manusiahttp://medisch-article.blogspot.com/2010/02/otak-manusia.html. diakses pada tanggal 7 oktober 2013.
Robbani, L. (2012). Struktur Kognisi Manusiahttp://ibadurahman-robbani.blogspot.com/2012/06/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html diakses pada tanggal 7 oktober 2013.

Solso, Maclin. (2008) Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar